Tipe-Tipe Toyota Innova dan Perbedaannya

Toyota Kijang Innova TRD Sportivo

Sebagai salah satu merek otomotif paling populer di Indonesia, Toyota menghadirkan banyak produksi mobil unggul baik dari segi interior, eksterior hingga performa mesin. Innova misalnya, rilis resmi sejak tahun 2004 lalu tipe ini sudah mengeluarkan beberapa generasi yang terus dicari masyarakat sebagai mobil keluarga.

Berbagai tipe memiliki keunggulan berbeda, terutama pada produksi terakhir yang didesain lebih gagah dan sporty. Sejumlah tipe yang dimaksud mulai dari tipe standar yakni J, E, G, G, Luxury, V serta V Luxury. Ketujuh tipe ini memiliki keunggulan masing-masing terutama soal fitur dan eksterior. Namun, bukan berarti tipe lama adalah pilihan buruk, sejumlah kelebihan tetap bisa dimanfaatkan.

Keunggulan Tipe-Tipe Toyota Innova

Ragam kelebihan dimiliki setiap tipenya. Tak cuma itu, performa mesin turut menjanjikan pengalaman mengemudi yang lebih baik.

1. Mesin Bensin-Diesel & Manual-Otomatis

Bagi Anda yang baru pertama kali membeli mobil jangan khawatir soal pilihannya, terlebih jika tidak tahu cara menyetir untuk transmisi manual. Innova adalah pilihan yang tepat terlebih bagi pengguna yang sering bepergian dengan keluarga. Semua tipe cocok untuk kebutuhan tersebut karena memiliki dimensi yang cukup besar. Sementara itu, khusus Kijang Innova menyediakan mesin bensin serta diesel sebagai pilihan.

Untuk bensin, Innova membekali dengan kendaraannya dengan mesin bensin 2000 cc sedangkan untuk mesin diesel sebesar 2500 cc pada tipe E, V dan G. Untuk transmisi manual pengguna juga punya lebih banyak pilihan karena dihadirkan untuk semua tipe kecuali tipe E yang bertransmisi otomatis serta G dan V dengan mesin bensin diesel.

2. Interior

Innova pada dasarnya merupakan merek yang cocok digunakan dari semua kalangan karena memiliki desain interior dan eksterior menawan, namun dengan harga terjangkau. Sebagai mobil kelas menengah, tipe ini memang menghadirkan fitur unggul dari berbagai sisi terutama interiornya. Tipe paling bawah yakni J misalnya, sudah dilengkapi dengan SRS Airbags, USB/AUX, DIN CD, WMA Players, 2 room lamp, vinyl seat cover, hingga MP3.

Di sisi lain, tipe E condong soal fabric seat cover yang menghadirkan 4 speakers sekaligus demi memberi hiburan terbaik bagi penggunanya. Selanjutnya ada tipe G dengan 4 speakers serta 2 tweeter yang memiliki driver seat dengan height adjuster. Tipe G Luxury ini juga mempunyai kelebihan yakni tersedianya 8 roof monitor. Jika Anda senang dengan fasilitas macam maka tipe G adalah rekomendasi tepat.

Jika memiliki biaya besar untuk membeli mobil, Anda bisa memilih Kijang Innova tipe V maupun V Luxury sebagai keluaran baru sekaligus eksklusif. Tipe ini mempunyai wood leather steering wheel sekaligus dengan steering witch yang membuatnya tampil lebih elegan jika dibandingkan dengan tipe lain di kelas bawah. Baiknya lagi, tipe V sudah menggunakan auto AC yang dapat menunjang kenyamanan pengguna.

Interiornya bahkan sudah memiliki Multi Information Display (MID) yang dapat membuat pengguna mengetahui adanya suhu udara di luar kendaraan, durasi mesin menyala sampai dimatikan hingga pengecekan sisa bahan bakar. Tampilan dalam ini juga terlihat sangat berbeda dibandingkan tips V Luxury dengan hadirnya captain seat di baris kedua.

3. Eksterior

Tersaji dengan banyak pilihan fasilitas mewah, keluaran terbaru Innova kian hari semakin elegan. Eksteriornya memang sangat menarik dan berbeda dibandingkan dengan tipe lawas. Hal ini tentu kembali pada selera pengguna masing-masing, karena beberapa orang masih menyukai mobil dengan desain sederhana yang tak begitu mencolok. Eksterior pada tipe J misalnya, cukup standar jika dibandingkan dengan tipe lainnya.

Bedanya, fitur sudah dilengkapi dengan rear window wiper serta intermittent wiper. Kehadiran fitur ini akan sangat memudahkan pengguna ketika hujan turun karena akan menyesuaikan dengan sapuan wiper dengan kondisi air yang turun. Tipe E juga memiliki sejumlah kelemahan eksterior dibanding dengan tipe J karena adanya new gallant grille dan bumper yang bisa membuat mobil menjadi lebih elegan dan mewah.

Daftar Harga Toyota Innova

Adapun daftar harga Innova langsung melalui dealer Astrido sebagai berikut:

  • 0 G M/T BENSIN

Rp. 321.100.000

  • 0 G LUXURY M/T BENSIN

Rp. 326.900.000

  • 0 G A/T BENSIN

Rp. 339.500.000

  • 0 G A/T BSN SPECIAL EDITION

Rp. 344.525.000

  • 0 G LUXURY A/T BENSIN

Rp. 345.300.000

  • 4 G M/T DIESEL

Rp. 349.800.000

  • 0 V M/T BENSIN

Rp. 366.700.000

  • 4 G A/T DIESEL

Rp. 369.300.000

  • 0 V LUXURY M/T BENSIN

Rp. 372.500.000

  • 4 G A/T DIESEL SPESIAL EDITION

Rp. 374.325.000

  • 0 V A/T BENSIN

Rp. 384.700.000

  • 0 V LUXURY A/T BENSIN

Rp. 390.500.000

  • 4 V M/T DIESEL

Rp. 399.000.000

  • 4 V A/T DIESEL

Rp. 417.200.000

Harga di atas sesuai dengan OTR Jakarta sehingga ada kemungkinan perbedaan pada area di luar yang tercantum. Pun pada kredit Innova yang bisa diambil dengan tenor 36 bulan dan angsuran kisaran 9 sampai 11 juta rupiah.