Pengertian dan Tujuan Pembangunan Pedesaan

Pengertian dan Tujuan Pembangunan Pedesaan

Pembangunan pedesaan bisa diartikan sebagai pembangunan yang tujuan utamanya adalah mengutamakan kawasan pedesaan. Dalam hal ini tujuan pembangunan pedesaan akan mencakup struktur demografi masyarakat, sifat sosial budaya, geografis, kegiatan usaha pertanian dan sebagainya.

Apa Itu Pembangunan Pedesaan?

Pembangunan desa adalah bagian penting dalam kehidupan masyarakat yang memiliki tujuan supaya bisa mencapai tujuan yang sudah di rancangkan pemerintah. Hal ini disebabkan karena desa yang di dalamnya ada masyarakat adalah politik, sosial budaya dan juga pertahanan keamanan.

Pengertian pembangunan pedesaan ini berbeda-beda menurut para ahli. Menurut ahli Kartasasmita, ia menegaskan jika hakekat pembangunan nasional yaitu manusia itu sendiri. Dia adalah titik pusat dari segala cara pembangunan. Dalam hal ini yang akan dibangun yaitu kemampuan dan kekuatannya sebagai pelaksana.

Sementara yang akan dicapai yaitu kemampuan sebagai pelaksana daripada pembangunan itu. Pada dasarnya pembangunan desa ini dilaksanakan oleh masyarakat bersama dengan pemerintah.

Khususnya pada saat akan memberikan bimbingan, pengarahan, juga pengawasan dengan tujuan agar ditingkkatkan kemampuan masyarakat dalam menaikan taraf hidup dan kesejahteraannya. Sementara menurut ahli Suparno, ia menyatakan jika pembangunan desa dilaksanakan secara imbang dan sewajarnya.

Baik itu antara pemerintah dengan masyarakat dimana kewajiban pemerintah yaitu untuk menyediakan prasarana, dimana selebihnya akan diserahkan kepada kemampuan masyarakat itu sendiri.

Menurut ahli Ahmadi, proses pembangunan desa ini sendiri adalah mekanisme dari keinginan masyarakat yang akan disatukan dengan masyarakat. Perpaduan inilah yang nantinya akan menentukan keberhasilan pembangunan. Dia juga menegaskan jika sistem pembangunan desa merupakan kombinasi yang sesuai antara partisipasi masyarakat dengan kegiatan pemerintah.

Apa Saja Tujuan Pembangunan Pedesaan?

Jika diperhatikan masalah kesenjangan perkembangan antar wilayah seperti yang sudah maju dengan yang sedang berkembang, yang pada akhirnya menciptakannya kesenjangan antar wilayah.

Kemudian salah satu yang menjadi faktor terjadi kesenjangan antara desa dan kota yaitu karena pembangunan ekonomi sebelumnya yang jauh berbeda dan lebih ke modernisasi. Tentunya dampak ini akan menyebabkan setiap pekerjaan yang bergantung pada pertanian yang merupakan ekonomi perdesaan mengalami kemerosotan.

Jika dibandingkan dengan pertumbuhan sektor industri dan jasa yang lebih mengarah dengan ekonomi perkotaan, tentulah sektor pertanian akan menjadi semakin tertinggal. Untuk mengatasi hal ini, maka negara berusaha melakukan pembangunan pedesaan sebagai langkah intervensi yang mengurangi tingkat kesenjangan antar wilayah.

Namun tahukah Anda, selain itu terjadinya keterbelakangan sosial masyarakat desa serta faktor kemiskinan dalam pembangunan adalah penyebab sulitnya masyarakat desa menerima budaya modernisasi.

Misalnya dengan menerima teknologi baru serta tidak mempunyai motivasi yang kuat, bahkan merasa selalu merasa cukup puas dengan kebutuhan pokok yang paling dasar dan disertai dengan budaya berbagi kemiskinan bersama.

Kesimpulannya adalah tujuan pembangunan pedesaan ini adalah untuk mengusahakan pembangunan masyarakat yang nantinya akan disertai dengan lingkungan hidupnya.