Nostalgian Dulu! Mari Kenalan Dengan Permainan Tradisional Yang Ada di Indonesia

Nostalgian Dulu! Mari Kenalan Dengan Permainan Tradisional Yang Ada di Indonesia

Salah satu kekayaan tradisi yang dimiliki oleh bangsa Indonesia adalah permainan tradisional yang sangat asyik untuk dimainkan. Bahkan hampir setiap daerah memiliki gaya dan tradisi yang berbeda untuk permainan tradisionalnya.

Karena Indonesia adalah negara yang berbentuk kepualiaun dan tradisi yang berbeda-beda, maka tidak heran kalau setiap daerah juga memiliki permainan tradisional yang berbeda pula.

Biasanya permainan tradisional tersebut dimainkan secara berkelompok dan tidak jarang mereka yang memainkannya berkumpul di satu lapangan dan bersenang-senang bersama dengan teman.

Nilai Positif Dari Permainan Tradisional!

Selain bersenang-senang permainan tradisional juga memiliki beberapa nilai positif contohnya saja yaitu melatih kekompakan, kebersamaan, gotong royong, dan juga saling menghargai satu sama lain.

Lantas jenis jenis permainan tradisional apa saja yang saat ini masih populer dan mengingatkan nostalgia pada anak generasi 90-an! Yuk simak ulasannya sebagai berikut.

  1. Lompat Tali

Permainan tradisional lompat tali ini umumnya sering dilakukan oleh anak-anak perempuan. Jumlah pemain untuk lomat tali sendiri minimal dilakukan oleh tiga sampai 4 orang anak, biasanya dua orang pemain membentangkan talinya sementara pemain yang lain harus melompatinya.

Aturan yang ada dipermainan lompat tali tersebut sangatlah sederhana, jika pemain berhasil melewati tali yang dibentangkan maka tingkat kenaikan levelnya juga dinaikkan hingga atas kepala.

  1. Kelereng

Pastilah tahu kalau permainan tradisional ini biasanya dimainkan oleh anak laki-laki, baik di dalam ruangan maupun di luar ruangan. Aturan dalam bermain kelereng juga berbeda tergantung tradisi yang ada di daerah masing-masing.

  1. Gobak Sodor

Mungkin permianan ini masih dilakukan saat ini, gobak sodor merupakan permainan tradisional yang sangat populer. Sebelum bermain, biasanya anak-anak akan terbagi kedalam dua tim yaitu sebagai tim penjaga kotak dan tim satunya lagi sebagai penyerang.

Tim penjaga harus menjaga kotak dan tidak boleh keluar dari sana, sementara itu tim penyerang harus mampu melewati garis kotak yang tadinya sudah dibuat dan juga harus mengecoh dari tim penjaga agar bisa melewai semua garis tersebut.

  1. Egrang

Anak 90-an pastilah tahu permainan tradisinioal ini yaitu egrang, permainan ini diperlukan keahlian husus. Karena egrang tidak semudah yang dibayangkan.

Sehingga bagi pemula harusnya berlatih dulu menggunakan egrang yang lebih rendah lalu dinaikkan tingkat kesulitannya menjadi tinggi.

Biasanya zaman dahulu egrang juga digunakan sebagai lomba lari dan siapa yang mencapai finis pertama kali akan diberikan hadiah.

  1. Bola Bekel

Salah satu permainan tradisional yangs angat digemari oleh anak perempuan adalah bola bekel. Adapun cara bermainnya juga cukup mudah dengan melempar bola bekel keatas kemudian mengambil beberapa kerikil yang tadinya sudah disiapkan.

Apabila salah satu pemain tidak bisa mengmabil kerikil tadi sesuai aturan yang berlaku maka permianan kalah dan digantikan pemain lainnya.

Itulah beberapa permainan tradisional yang ada di Indonesia. Semoga kalian semua tidak lupa akan permainan tersebut. Diharapkan kita semua dapat melestarikan permainan tradisional yang sekarang ini sudah jarang ditemui karena anak-anak kebanyakan memiliki game yang ada di gadget.