Manfaat Laktosa Pada Susu Formula Anak Balita

Manfaat Laktosa Pada Susu Formula Anak Balita

Pada umumnya, anak akan memperoleh asupan susu dari ASI ekslusif itu dalam waktu selama 2 tahun. Akan tetapi, ada banyak kondisi tertentu yang pada akhirnya menyebabkan banyak anak hanya bisa akan mengonsumsi susu formula. Di dalam susu ini, umumnya orang tua akan menemukan banyak kandungan laktosa. Lalu sebenarnya, apa yang dimaksud dengan laktosa itu? Ada saja manfaat laktosa pada susu formula bagi si anak?

Apa Saja Manfaat Laktosa pada Susu Formula Balita?

Laktosa atau yang biasa dikenal gula susu adalah karbohidrat yang terdapat pada susu formula anak. Laktosa ini pun nyatanya bisa ditemukan dalam produk lain, seperti yogurt dan keju. Bukan hanya itu saja, roti, sereal, makanan beku atau makanan kalengan pun juga bisa mengandung laktosa.

Sebenarnya bukan tanpa alasan, namun kandungan laktosa dalam susu anak pun nyatanya mempunyai banyak manfaat. Bahkan, ini sangat berperan penting bagi proses tumbuh kembang anak. Berikut manfaat laktosa yang ada dalam susu formula.

1.    Menjadi Sumber Energi bagi Tubuh Anak

Tahukah Anda bahwa laktosa yang terdapat dalam susu formula anak itu begitu berperan penting sebagai sumber energi. Hal ini bermanfaat mengingat anak yang sedang dalam masa pertumbuhan, biasanya akan sangat aktif. Tentunya dengan energi yang cukup, anak pun bisa melewati setiap proses tumbuh kembangnya secara optimal.

2.    Baik untuk Sistem Pencernaan

Disebabkan karena laktosa di susu formula berperan penting pada sistem pencernaan anak, maka untuk penyerapan nutrisi lain dalam tubuh ini nyatanya bekerja jauh lebih maksimal. Dalam hal ini, zat besi yang ada dalam laktosa ini sendiri berguna untuk membentuk sel darah merah serta membantu pertumbuhan otak anak.

3.    Membantu Penyerapan Mineral dalam Tubuh

Sebenarnya, kandungan laktosa dalam susu formula ada yang tidak bisa dicerna oleh usus anak. Akan tetapi, hal ini justru akan mendatangkan manfaat bagi kesehatan tubuh. Laktosa yang tidak tercerna itu nantinya akan mendorong pertumbuhan bakteri baik dalam usus untuk melawan organisme yang tidak diperlukan oleh tubuh. Sistem pencernaan anak pun tentunya akan jauh lebih sehat.

Anak Bisa Saja Mengalami Intoleransi Laktosa

Tahukah Anda bahwa laktosa yang ada dalam susu formula memang mempunyai banyak kebaikan bagi anak-anak. Akan tetapi, anak Anda bisa saja akan mengalami yang namanya intoleransi laktosa. Ini merupakan sebuah kondisi pada anak yang tidak bisa mencerna laktosa sama sekali.

Gejala ini biasanya bisa saja terjadi dalam beberapa menit bahkan sampai berjam setelah minum susu. Untuk gejalanya pun bisa ringan ataupun parah tergantung kepada jumlah yang dikonsumsi dan jumlah yang dapat ditoleransi anak.

Beberapa gejala dari intoleransi laktosa pada susu formula yang harus diwaspadai pun, bisa seperti mual, sakit perut, kram, kembung, atau juga diare yang disertai dengan gas.