Hidup Sehat Dimulai dari Mengenal Resiko Kecil Seperti Asam Lambung

Hidup Sehat Dimulai dari Mengenal Resiko Kecil Seperti Asam Lambung

Selain mendambakan uang dan waktu sudah saatnya kita juga mendambakan kualitas hidup yang sehat sedari dini. Pasalnya jika di hari tua nanti kita memiliki waktu dan cukup uang namun tidak dibersamai dengan kesehatan yang mumpuni maka akan sulit bagi kita untuk menikmati masa-masa tua.

Menjaga kualitas hidup yang sehat bisa membantu kita dalam mengurangi kemungkinan terserang penyakit-penyakit masa tua. Salah satu penyakit yang dapat menyerang kita ketika menjelang usia tua bahkan bisa sejak dini adalah penyakit asam urat.

Asam urat sendiri adalah penyakit yang dikenal timbul karena peradangan pada sendi-sendi tertentu pada tubuh kita seperti di pada persendian kaki atau pun juga di tangan.

Asam urat umumnya terjadi karena kadar asam urat di dalam tubuh yang sudah melebihi normal. Kadar asam urat dikatakan melebihi normal jika pada pria melebihi 7,0 mg/dL sedangkan wanita melebihi 6,0 mg/dL. Untuk itu ada baiknya jika kita rutin melakukan konsultasi kesehatan kepada dokter agar mendapatkan rekomendasi solusi terbaik. Kamu bisa konsultasikan kesehatan kamu secara online dengan aplikasi Rey.

Namun untuk sekadar permulaan kita juga bisa mengurangi resiko terjadinya penyakit asam urat dengan berolahraga rutin dan menerapkan pola makan yang sehat.

Dengan menggerakkan tubuh kita kala berolahraga maka akan membantu kita dalam mengurangi kadar asam urat yang menumpuk di persendian. Selain itu olahraga juga membuat tubuh kita lebih bugar dan pikiran menjadi segar kembali.

Selanjutnya adalah kita bisa mengurangi memakan makanan pantangan asam urat berikut ini sehingga semakin terjaga juga kondisi kesehatan tubuh kita.

1. Gula

Gula adalah salah satu jenis zat yang jika dikonsumsi dapat meningkatkan kadar asam urat di dalam tubuh. Jadi semakin sering kita mengkonsumsi makanan atau minuman yang mengandung gula tinggi maka tingkat asam urat di tubuh juga bisa meningkat pesat.

Sebaiknya juga hindari makanan dan minuman yang mengandung pemanis buatan seperti jus buah atau minuman kemasan lainnya.

2. Makanan Olahan dan Karbohidrat Olahan

Jenis makanan kedua yang sebaiknya dihindari adalah makanan yang diproses tinggi dan karbohidrat olahan. Contoh makanan dalam kategori ini adalah roti putih, permen, kue kering, biskuit, soda, es krim, keripik, dan juga kerupuk.

2. Daging Merah dan Daging Organ

Daging merah dan juga jeroan memiliki kadar purin yang tinggi. Purin dapat memicu peningkatan kadar asam urat di dalam tubuh kita dan juga resiko serangan asam urat itu  sendiri.

3. Makanan Laut

Memang tidak semua makanan laut mengandung kadar purin yang tinggi namun untuk jenis makanan laut yang mengandung purin tinggi jelas harus dihindari. Beberapa makanan laut dengan kadar  purin sedang juga sebaiknya dikurangi konsumsinya.

4. Bir dan Minuman Keras

Bir dan minuman keras memang telah lama menjadi kandidat minuman yang harus dihindari jika kita ingin terhindar dari asam urat. Selain asam urat bir dan minuman keras lainnya juga bisa menimbulkan hiperurisemia kronis karena itu sebaiknya minuman ini dihindari.

Itulah lima jenis makanan dan minuman yang bisa kita hindari dan kurangi konsumsi mulai sejak kamu membaca artikel ini. Ingat, selain makan makanan yang baik sebaiknya juga diimbangi dengan olahraga yang teratur ya.

Mari kita mulai gaya hidup sehat sedini mungkin sehingga kita menikmati hari tua dengan lebih maksimal kelak.