Dikenal Nikmat, Apa Saja Manfaat Makanan Dan Minuman Coklat?

Manfaat Makanan Dan Minuman Coklat

Dikenal dengan kelezatan serta cita rasa manis membuat bahan ini menjadi salah satu bahan makanan paling disukai oleh masyarakat terutama anak-anak. Bahan ini bisa dibuat menjadi berbagai makanan dan minuman coklat yang tidak hanya nikmat tapi juga menyehatkan.

Seperti diketahui jika bahan ini memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Sayangnya belum banyak orang tahu akan manfaat tersebut. Oleh sebab itu, bila Anda ingin mendapatkan manfaatnya sebaiknya baca artikel ini sampai habis.

Apa saja Manfaat Coklat?

Menurut beberapa penelitian, coklat kaya akan kandungan antioksidan. Kandungan antioksidan miliknya antara lain adalah polifenol, flavonoid, serta katekin. Kandungan-kandungan tersebut dianggap bermanfaat. Lalu, apa saja manfaat kandungan tersebut bagi kesehatan manusia? Berikut penjelasannya.

  1. Meningkatkan mood

Manfaat satu ini tidak perlu diragukan lagi sebab bahan ini memang dikenal sebagai salah satu penambah mood paling efektif. Hal ini dibuktikan dengan berbagai penelitian dimana bahan ini bisa menurunkan hormon kortisol yang ada di dalam tubuh.

Perlu diketahui, hormon kortisol adalah hormon yang dihasilkan ketika tubuh mengalami stres. Tidak hanya itu, coklat juga bisa merangsang otak untuk menghasilkan lebih banyak hormon serotonin dan endorfin terbukti berperan besar dalam perasaan bahagia.

  1. Bagus memperlancar pembuluh darah

Kandungan flavonoid miliknya diyakini mampu memperlancar aliran darah sehingga mengurangi risiko penyumbatan di pembuluh darah. Oleh sebab itu, coklat diyakini sangat bagus untuk mencegah penyakit seperti stroke atau jantung.

  1. Membuat kenyang

Terdapat studi jika mengonsumsi coklat sebelum atau setelah makan bisa memberikan efek kenyang sehingga cocok untuk diet karena bisa mengurangi keinginan mengonsumsi cemilan setelah makan.

  1. Menurunkan kolesterol

Seperti telah dijelaskan sebelumnya jika kandungan flavonoid di dalamnya diyakini mampu memperlancar aliran darah dan mengurangi risiko penyumbatan. Oleh sebab itu, tidak heran jika bahan ini juga diyakini sebagai salah satu bahan ynag mampu menurunkan kolesterol jahat (LDL).

Sebab, kolesterol jahat merupakan salah satu penyebab timbulnya penyumbatan di pembuluh darah. Dengan turunnya kadar kolesterol jahat mak risiko terkena penyakit jantung dan stroke juga akan menurun.

  1. Memelihara kesehatan otak

Kandungan flavonoid ternyata tidak hanya berguna untuk kesehatan pembuluh darah saja. Sebab, kandungan ini juga dipercaya mampu meningkatkan daya ingat serta konsentrasi. Selain itu, kandungan epikatekin yang dimilikinya juga bisa menurunkan risiko terkena penyakit penurunan fungsi otak seperti pikun atau demensia.

Meski memiliki banyak manfaat bagi kesehatan namun mengonsumsinya secara berlebihan juga sangat tidak disarankan. Agar Anda bisa mendapatkan semua manfaat di atas maka sebaiknya pilih coklat hitam dengan kandungan kakao tinggi serta kurangi penggunaan bahan tambahan seperti susu, gula, dan sebagainya.

Oleh sebab itu, daripada mengkonsumsi minuman coklat yang memiliki banyak bahan tambahan vitamin dan mineral seperti Milo yang dikenal dengan berbagai kandungan nutrisinya. selain memiliki rasa enak, nutrisinya sangat baik untuk tubuh terutama anak-anak.