5 Tips Memilih Produk Cereal Bayi Fortifikasi

5 Tips Memilih Produk Cereal Bayi Fortifikasi

Memasuki masa MPASI, bayi bisa mulai diperkenalkan dengan berbagai jenis makanan. Termasuk salah satunya adalah bubur sereal terfortifikasi. Produk cereal bayi ini bisa jadi alternatif ketika orang tua tidak sempat membuat bubur homemade. Selain itu bubur ini juga sangat praktis dan cocok disajikan sebagai menu makan ketika traveling bersama anak.

Memilih Sereal Fortifikasi

Produk sereal ini banyak sekali beredar di pasaran dan memang tak sulit untuk ditemukan. Namun, orang tua sebaiknya tetap bijak memilih produk mana yang akan diberikan kepada si kecil. Berikut ini adalah 5 tips yang bisa diterapkan ketika memilih produk bubur atau sereal fortifikasi untuk bayi:

1. Sesuaikan dengan Usia

Pertama pilihlah produk sereal yang sesuai dengan tahap usia bayi. Perlu diketahui bahwa produk sereal fortifikasi ini juga diformulasikan sesuai usia si kecil. Jadi jangan sampai salah pilih karena setiap produk sudah didesain sedemikian rupa agar bisa dicerna oleh bayi sesuai tahap usianya. Tekstur bubur juga biasanya dibuat berbeda sesuai usia yang tercantum pada kemasan produk.

2. Baca Kandungan Gizi

Pastikan untuk selalu membaca kandungan gizi pada kemasan secara cermat. Cermati satu per satu kandungan gizi yang dimiliki oleh produk sereal fortifikasi tersebut. Pastikan bahwa bubur sereal yang akan diberikan kepada si kecil memiliki kandungan gizi lengkap. Cek juga komposisi bahannya agar tahu apakah memang produk tersebut cukup aman dikonsumsi atau tidak.

3. Cek Tanggal Kadaluarsa

Selanjutnya silakan cek tanggal kadaluarsa produk cereal bayi tersebut. Pastikan untuk membeli produk sereal yang masih bagus dan masa kadaluarsanya masih lama. Informasi ini sangat penting untuk diperhatikan demi menjamin keselamatan dan kesehatan tubuh si kecil setelah mengonsumsi bubur tersebut.

4. Pastikan Kemasan Masih Utuh

Selain memeriksa tanggal kadaluarsa, jangan lupa periksa juga kemasan dari bubur sereal tersebut. Pastikan bahwa kemasan bubur masih benar-benar utuh dan dalam kondisi yang bagus. Hal ini dilakukan untuk memastikan bahwa bubur masih berkualitas dan layak untuk dikonsumsi. Jika ada cacat pada kemasan yang membuat kemasan terbuka maka lebih baik pilih produk lainnya.

5. Pilih Rasa yang Tepat

Ada banyak sekali varian rasa bubur sereal fortifikasi untuk bayi. Pilihlah rasa yang paling disukai oleh si kecil agar mudah bagi dirinya untuk menyantap sereal tersebut. Selain itu cobalah untuk menyediakan beberapa pilihan rasa agar anak tidak merasa bosan. Kombinasi rasa sereal fortifikasi akan membuat si kecil lebih bersemangat dan mengenal lebih banyak rasa.

Itulah tadi 5 tips memilih produk cereal bayi yang bagus untuk dikonsumsi oleh si kecil. Selain memberikan sereal fortifikasi, Anda sebaiknya juga memberikan menu bubur buatan sendiri kepada bayi. Ini dilakukan agar bayi mengenal lebih banyak rasa dan mendapat asupan gizi yang lengkap.