5 Kiat Cerdas Memilih Susu Formula untuk Anak

5 Kiat Cerdas Memilih Susu Formula untuk Anak

ASI atau juga disebut air susu ibu ialah asupan terbaik yang bisa diberikan oleh ibu pada sang anak. Nutrisi yang terkandung dalam ASI sudah lengkap sehingga sangat penting bagi pertumbuhan anak. Namun, ada kondisi di mana seorang ibu tak dapat memenuhi keperluan ASI, sehingga ibu tersebut memerlukan alternatif susu lain yang bisa dikonsumsi oleh anaknya seperti produk-produk susu kemasan Bebelac maupun susu lainnya.

Memilih Susu Formula

Dalam kondisi ibu yang tak dapat memenuhi kebutuhan ASI anak, maka sang ibu harus bisa memikirkan alternatif lain yang bisa digunakan untuk mencukupi nutrisi anaknya. Memilih untuk menggunakan susu formula bisa menjadi pilihan mudah bagi seorang ibu. Berikut ini ialah beberapa tips untuk pilih susu formula yang baik untuk bayi:

1.     Pilih Susu Sapi

Pilihan pertama yang bisa Anda lakukan ialah memilih serta menggunakan susu formula yang berasal dari susu sapi. Susu sapi memiliki banyak nutrisi serta vitamin yang baik bagi tubuh anak dan kebanyakan bayi juga bisa mentoleransi susu jenis ini dengan baik.

2.     Pilih Susu Kedelai Sebagai Alternatif

Pada kondisi tertentu seperti anak yang memiliki alergi terhadap protein hewan seperti susu sapi, maka ada cara lain yaitu dengan memberikannya susu kedelai atau soya sebagai susu formulanya. Susu kedelai juga memiliki nutrisi yang tak kalah bagus dari susu sapi. Ada berbagai susu kedelai yang bisa Anda beli, contohnya saja ialah produk Bebelac susu soya.

3.     Pilih Jenis Protein

Pemilihan jenis protein dalam susu formula juga harus diperhatikan oleh Anda jika ingin membelinya. Jenis protein yang aman dan sering disarankan ialah jenis protein whey, tapi Anda juga bisa menggunakan produk susu formula yang mencampurkan jenis protein seperti whey serta casein menjadi satu sebagai susu formula anak Anda.

4.     Sesuaikan dengan Usia

Hal yang tak kalah pentingnya dalam memilih sebuah susu formula ialah menyesuaikan usia sang bayi dengan susu formula yang ada untuk usia berapa. Karena setiap susu formula telah memiliki racikannya masing-masing sesuai dengan kebutuhan yang diperlukan anak sesuai dengan rentang bulan usia umur mereka.

5.     Tidak Perlu Beli yang Organik

Tidak disarankan bagi seorang ibu untuk membeli produk yang organik sebagai susu formula anaknya. Karena memang fakta yang ada di lapangan belum ada sebuah data yang bisa memperlihatkan sebuah perbedaan susu formula regular maupun susu formula organik.

Di atas ialah beberapa tips yang mungkin bisa membantu Anda untuk memilih susu formula yang baik selain ASI untuk buah hati Anda. Susu formula seperti Bebelac bisa membantu untuk memenuhi kebutuhan nutrisi anak dan Anda bisa dengan mudah mendapatkannya di tempat jual perlengkapan bayi daring maupun luring.