4 Tips Menambah Berat Badan Anak yang Bisa Dilakukan

Tips Menambah Berat Badan Anak yang Bisa Dilakukan

Anak yang sudah mulai besar dan aktif kadang sangat sulit untuk makan. Hal ini juga berdampak pada berat badannya yang semakin turun. Banyak orang tua khawatir ketika melihat anak mereka terlihat kurus dan tidak terlalu berisi seperti teman lainnya. Oleh karena itu tak jarang mereka mencari tips menambah berat badan anak yang mudah dilakukan.

Ada banyak tips untuk menambah berat badan pada anak-anak. Tentu saja membutuhkan usaha yang keras untuk itu, tapi jika dirutinkan tips tersebut maka perlahan berat badan anak akan kembali. Apa saja tips yang memang harus dilakukan?

Tidak melewatkan waktu makan

Makan tepat waktu atau secara teratur adalah salah satu tips penting yang harus diperhatiin oleh para orang tua yang ingin menambah berat badan anak-anaknya. Bahkan tak jarang ada yang melewatkan waktu makan hanya karena anak tidak ingin membuka mulut dan asyik bermain.

Hal itu bukan sesuatu yang bagus karena akan membuat si kecil kehilangan kalori dan berbagai nutrisi lainnya yang penting untuk tubuh. Namun, jangan pula melakukan pemaksaan jika si kecil sedang susah makan. Sebagai orang tua harus tahu apa saja cara-cara agar anak suka dan antusias terhadap waktu makan.

Tambah asupan lemak sehat

Menambah asupan lemak dengan makanan tertentu sangat dianjurkan, tentunya lemak yang dimaksud di sini adalah lemak sehat yang berasal dari buah sejenisnya. Contohnya saja bisa memberikan alpukat, kacang-kacangan, minyak zaitun dan semacamnya ketika membuat makanan untuk si kecil.

Untuk kreasinya sendiri bisa bermacam-macam, misalnya saja membuat roti lapis dengan isian alpukat, kacang almond dan sebagainya. Ada banyak resep sehat yang dapat ditiru di internet, hanya tinggal melakukan pencarian yang mudah saja.

Hidangkan dalam porsi lebih besar

Sebelumnya mungkin kita sebagai orang tua hanya menghidangkan satu tangkup roti saja, atau satu gelas susu berukuran sedang. Nah, di sini mungkin kamu bisa menambah porsinya ketika anak sedang makan. Alih-alih memberikan 1 roti, kamu bisa menggantinya dengan 2 tangkup roti. Bisa juga dengan menambahkan sedikit nasi lagi dari porsi yang biasanya.

Tambahkan kalori dari minuman

Susah makan bukan berarti si kecil tidak bisa mendapatkan asupan kalori, hal ini bisa disiasati dengan cara menambahkan kalori yang berasal dari minuman. Ada beberapa minuman yang mengandung kalori seperti misalnya jus buah, smoothies, yoghurt, susu segar dan sebagainya.

Mengkreasikan makanan menjadi lebih bagus akan membuat nafsu makan anak lebih meningkat sehingga mereka akan selalu bersemangat ketika makan. Oleh karena itu, sebagai orang tua kita memang harus belajar tentang banyak hal terlebih dahulu.

Itu dia beberapa tips menambah berat badan anak yang bisa dicoba di rumah. Selamat mencoba dan semoga saja bisa berhasil ya!